BeritaPresisi

Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH Dipercaya Kapolri Jadi Kabareskrim Polri

Redaksi Utama
18/02/2021, 23:50 WIB
Last Updated 2021-03-13T04:44:59Z

 

Jakarta
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Drs. Agus Andrianto, SH, MH diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri yang baru menggantikan dirinya.

“Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri. Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono juga membenarkan TELEGRAM itu.

“Benar,” Kata Irjen. Pol. Argo melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis (18/2/2020).

“Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Posisi Kabaharkam kini bakal diemban oleh Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto yang dulu merupakan Kalemdiklat Polri.

“Sementara itu, Jabatan Arief akan diisi oleh Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya adalah Kabaintelkam. Kemudian, jabatan Kabaintelkam kini akan diisi oleh Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw.

“Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH Lulusan Akpol 1989. Ia sudah berpengalaman di bidang reserse. Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 16 Februari 1967 itu sudah pernah menempati sejumlah posisi di Korps Bhayangkara.

“Dihimpun dari berbagai sumber, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH mengawali karirnya dari Polres Dairi, Sumatera Utara Pada Tahun 1990. Ia malang melintang di Kepolisian Wilayah Pulau Sumatera, mulai dari Kapolsek Sumbul, Parapat, Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, hingga menjabat sebagai Kasat Serse Poltabes Medan.

“Selepas itu, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH bergeser ke Polda Jawa Timur pada 2001. Ia kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya pada 2006. Karirnya terus menanjak. Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH pernah menjabat Kapolres Tangerang, Kapolres Metro Tangerang, Direskrimum Polda Sumatera Utara.

“Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH juga pernah menjadi Wakapolda Sumatera Utara. Setahun kemudian, ia menjabat Kapolda Sumatera Utara. 

“Setelah selesai menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH, Alhasil, ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri menggantikan posisi Komjen. Pol. Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK.

“Ditengah Masa Pandemi Covid-19, Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH ditugaskan menjadi Kepala Operasi Terpusat Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19. Operasi Polri dalam menangani Pandemi Covid-19 itu pun telah berakhir Pada Tanggal 31 Desember 2020.
(Red)

TrendingMore