Berita

Ketua DPD RI Dukung Pengembangan Tambak Udang Milenial

Hamdan Syafruddin
31/03/2021, 22:04 WIB
Last Updated 2021-04-03T17:51:32Z
JAKARTA
- Untuk menarik generasi muda agar terlibat dalam pembangunan ekonomi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghadirkan Millenial Shrimp Farming (MSF) atau tambak udang milenial.

Dukungan diberikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Bahkan, Ia berharap MSF bisa dikembangkan.

Senator asal Jawa Timur itu menilai kehadiran tambak udang milenial bisa menjadi daya tarik.

"Saat ini MSF yang dikembangkan Kementerian KKP dibangun di dua lokasi Unit Pelaksana Teknis milik Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yakni di Jepara, Jawa Tengah dan Situbondo, Jawa Timur. Ini langkah bagus agar bisa menarik minat generasi muda," katanya, Rabu (31/3/2021).

LaNyalla menilai tambak udang milenial merupakan langkah konkret yang harus dikembangkan secara masif.

"Apalagi, potensi ekspor udang yang kita miliki sangat tinggi. Saya yakin dengan MSF kita akan mampu mencapai target," tuturnya optimis. 

Hanya saja, mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu menyarankan agar pemerintah juga mengembangkan industri olahan udang.

"Udang ini memiliki banyak sekali turunan olahan, seperti kerupuk udang, terasi udang, tepung udang, ebi, bakso udang, nugget dan industri olahan lainnya. Potensi ini pun harus dimaksimalkan," katanya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu berharap pemerintah dapat dengan serius mengembangkan industri udang dari hulu ke hilir.

"Pengembangan sektor ini sangat menarik. Bahkan beberapa sektor lain akan ikut tertangani dan terangkat," katanya.

TrendingMore