Polda Sumut Siapkan Pengamanan Destinasi Wisata Danau Toba

Hamdan Syafruddin
03/07/2021, 17:07 WIB
Last Updated 2021-07-03T10:07:44Z
TOBA
- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara terus mendorong percepatan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Dunia yang telah dicanangkan pemerintah.
 
Langkah percepatan itu dibuktikan dengan digelarnya rapat kerja (raker) yang dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Direktur Utama Badan Pelaksana Otarita Danau Toba (BPODT) Jimmy Panjaitan dan Direktur Umum Bambang Cahyo di Sipisa Kaldera, Sabtu (3/7).

Turut hadir dalam rapat kerja itu, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto, Irwasda, Karo Ops, dan Para Direktur Operasioal, Dansat Brimob, serta para kapolres Wilayah Danau Toba.

Panca mengatakan, Polda Sumut terus mempersiapkan sistem pengamanan dalam percepatan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Dunia.

"Bentuk pengamanan yang dilakukan dengan menempatkan polisi pariwisata, Penguatan Personil dan sarana Prasarana Polisi Perairan dan Brimob serta Penambahan Bhabinkamtibmas di obyek2 wisata kawasan Danau Toba yang luasnya meliputi delapan kabupaten," katanya.

Tak hanya itu, Panca mengungkapkan Polda Sumut telah membangun Pos Polisi Pariwisata Ajibata, helipad dan penambahan sarpras lainnya di kawasan wisata Danau Toba, selain itu juga mendorong Pemerintah Daerah bersama Masyarakat mendukung Program Pemerintah.

"Diharapkan dengan dibentuknya sistem pengamanan yang kuat dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba sehingga tetap merasa aman dan nyaman tanpa adanya gangguan," harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otarita Danau Toba (BPODT) Jimmy Panjaitan, menyambut baik langkah Polda Sumut dalam mempersiapkan sistem pengamanan di kawasan Wisata Danau Toba bahkan Jimy memaparkan secara detail rencana pengembangan Pariwisata Kawasan Danau Toba.

TrendingMore